Oktober 27, 2019

Menteri Termuda Kabinet Indonesia Maju

Di antara 34 menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilantik Jokowi, satu yang paling menarik perhatian adalah Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan menteri termuda dalam kabinet tersebut.

Biografi Nadiem Anwar Makarim

Nadiem Anwar Makarim lahir dari pasangan Melayu Minang (ayah) dan Melayu Pontianak (ibu). Kedua-dua orang tuanya tersebut berdarah Arab Hadramaut. Ibunya, Atika al Qadrie merupakan fam alQadrie, fam yang menguasai Kesultanan Pontianak. Ibunya yang lahir di Pasuruan adalah putri dari Hamid al Qadrie, putra Kapiten Arab Pasuruan yang berdarah Arab dari ayah dan Malabar dari ibu. Ayahnya Nono Anwar Makarim,praktisi hukum kelahiran Pekalongan,berdarah minang dari pihak ayah dan Arab dari pihak ibu. Nadiem Anwar Makarim lahir 4 Juli 1984 di Singapura.Setelah menyelesaikan SMA di Singapura, pada tahun 2006 memperoleh BA dalam Hubungan Internasional dari Brown University, Amerika Serikat. Nadiem meraih MBA dari Harvard Business School.

Karir Nadiem Anwar Makarim

Pada tahun 2006, Nadiem memulai karir sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah memperoleh MBA, beliau menjadi Managing Editor Zalora Indonesia. Zalora Indonesia merupakan situs belanja yang dikelola oleh PT. Fashion Eservice Indonesia, yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sucahyo. Situs ini merupakan bagian dari ZALORA yang berpusat di Singapura yang beroperasi di Hongkong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. Di Australia dan New Zealand, situs ini memiliki merk The Iconic. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs Zalando, situs e-commerce yang didirikan pada tahun 2008 oleh Robert Gentz and David Schneider di Berlin Jerman. Situs yang semula dikenal sebagai Ifansho ini terinspirasi dari situs retailer Amerika, Zappos.com. Zalando beroperasi di Jerman, Swiss, Belanda, Perancis, Inggris, Itali, Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia, Belgia, Spanyol dan Polandia. Zalando merupakan situs yang dimiliki oleh Rocket Internet, perusahaan yang didirikan pada tahun 2007 oleh tiga bersaudara : Marc, Oliver dan Alexander Samwer. Perusahaan ini juga terhubung dengan European Founders Fund.

Bisnis Nadiem Anwar Makarim

Pada tahun 2010, Nadiem mendirikan Gojek dengan perusahaan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Perusahaan yang melayani jasa angkutan melalui ojek tersebut saat ini telah melebar ke Thailand, Vietnam dan Singapura. Pada bulan Juni 2016, aplikasinya telah diunduh 10 juta kali di bulan Juni 2019. Dari layanan angkutan ojek, Gojek kemudian menambah fitur dan layanan. Sejumlah layanan kemudian dikembangkan, yakni :
  1. GO-SEND atau GET-Delivery, layanan transportasi barang (Tersedia di Indonesia, Thailand dan Vietnam)
  2. GO-RIDE atau GET-Win GO-BIKE, layanan transportasi penumpang dengan sepeda motor (Tersedia di Indonesia, Thailand dan Vietnam)
  3. GO-FOOD atau GET-Food, layanan pemesanan makanan (Tersedia di Indonesia dan Thailand)
  4. GO-BOX, layanan pengantaran barang berukuran besar
  5. GO-CLEAN, layanan membersihkan rumah
  6. GO-GLAM, layanan kecantikan
  7. GO-MASSAGE, layanan pemijatan
  8. GO-TIX, layanan pemesanan tiket
  9. GO-CAR, layanan transportasi penumpang dengan mobil (Tersedia di Indonesia dan Singapura)
  10. GO-AUTO, layanan montir
  11. GO-MED, layanan pembelian obat
  12. GO-PULSA, layanan isi pulsa elektronik
  13. GO-SHOP, layanan belanja barang
  14. GO-BILLS, layanan berbagai pembayaran
  15. GO-PAY, layanan pembayaran digital
  16. GO-DEALS, layanan penawaran diskon
  17. GO-BLUEBIRD, layanan transportasi dengan taksi reguler Blue Bird Group(kerjasama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar