Bintang-bintang Pemilu 2009

Pemilu 2009 telah berlalu. Sejumlah kejutan terjadi. Tsunami besar-besaran terjadi pada berbagai partai politik lama. Sebaliknya dua partai baru naik sebagai partai baru yang sukses melenggang ke Senayan. Kompetisi yang mulai menarik ini melahirkan sejumlah bintang, di antaranya SBY, Muhaimin Lukman, SB, Prabowo dan sebagainya.

Yudhoyono dari Demokrat

Bintang dari segala bintang dalam Pemilu 2009 ini adalah Sutrisno Bambang Yudhoyono. Presiden usungan demokrat ini berhasil melejitkan pamor Partai Demokrat, sehingga perolehan partai ini naik drastis mengalahkan partai-partai tua seperti PDIP dan Golkar. Inilah sejarah baru pemilu pasca orba.

Sutrisno dari PAN

Sutrisno Bachir adalah pemain baru dalam pentas demokrasi Indonesia, baru sebagai elit parpol. Sutrisno Bachir yang mewarisi PAN dari Amien Rais mewarisi sejumlah problem yang potensial membawa penurunan suara PAN. Citra PAN yang turun sejak periode 2004 sehingga banyak massa PAN diambil alih oleh PKS ditambah lagi dengan kehadiran PMB yang merupakan ancaman bagi PAN dalam memperebutkan suara Muhammadiyah yang merupakan penyumbang suara terbesar bagi PAN, adalah warisan pahit yang diterima oleh SB yang juga harus menaikkan pamornya sendiri sebagai Ketua Umum PAN yang baru sehingga pantas disandingkan dengan elit-elit parpol yang lain. Dengan segala ancaman tersebut, PAN bisa saja jatuh dari Senayan. Tapi SB berhasil mengatasi semuanya, dan PAN pun diperkirakan dapat melenggang ke Senayan, dan karenanya SB patut diberikan bintang.

Muhaiman Iskandar dan Lukman Eddy dari PKB

Muhaimin Iskandar dan Lukman Eddy menakhodai PKB yang mengalami penurunan citra akibat sejumlah perpecahan internal partai mulai dari perselisihan Gus Dur dengan Alwi Shihab yang menyebabkan tampilnya partai baru PKNU maupun perselisihan antara MI LE dengan Gus Dur pendiri PKB yang selama ini juga menjadi icon PKB. PKB MI LE selain menghadapi PKNU dan pengklaiman NU oleh PPP, juga musti menghadapi penggembosan yang dipimpin oleh Gus Dur dan Yenny Wahid sehingga timbul ide pembentukan PKB Perjuangan. Wajar, jika kemudian banyak analisa yang mengatakan bahwa PKB akan bubar, nasibnya akan sama dengan PDI yang tinggal nama. Namun, analisa tersebut dapat dipatahkan, dan PKB masih tercatat sebagai salah satu partai yang melenggang ke Senayan. MI dan LE pantas diberikan bintang.

Prabowo dari Gerindra, Wiranto dari Hanura dan Sutiyoso dari PIS

Menjadi pemain baru dalam perpolitikan Indonesia bukanlah gampang. Prabowo, Wiranto dan Sutiyoso adalah nama-nama baru yang digelontorkan menjelang Pemilu 2009. Tidak seperti Sutiyoso yang tidak secara resmi berhubungan dengan PIS, Prabowo dan Wiranto secara gemilang mengantarkan Gerindra dan Hanura sebagai pemain baru dalam perpolitikan Indonesia. Oleh karenanya keduanya wajib diberikan bintang.
Pemilu 2009 telah melahirkan sejumlah bintang di antaranya muhaimin iskandar dari pkb, sutrisno bachir dari PAN, Prabowo dari Gerindra dan Wiranto dari Hanura, SBY dari Demokrat.

Komentar